Beranda | Artikel
Ucapan Seseorang: Jiwaku Untukmu Sebagai Tebusan
Jumat, 11 Maret 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Ucapan Seseorang: “Jiwaku Untukmu Sebagai Tebusan” adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Al-Adabul Mufrad. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. pada Senin, 4 Sya’ban 1443 H / 7 Maret 2022 M.

Kajian Islam Tentang Ucapan Seseorang: “Jiwaku Untukmu Sebagai Tebusan”

Kita telah sampai pada بَابُ قَوْلِ الرَّجُلِ: نَفْسِي لَكَ الفداء (Bab ucapan seseorang: ‘Jiwaku untukmu sebagai tebusan.’) Ini adalah ucapan untuk mencairkan suasana, untuk menumbuhkan cinta dan kasih sayang, dimana Allah ‘Azza wa Jalla mengatakan:

‏ وَقُل لِّعِبَادِي يَقُولُوا الَّتِي هِيَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنزَغُ بَيْنَهُمْ ۚ إِنَّ الشَّيْطَانَ كَانَ لِلْإِنسَانِ عَدُوًّا مُّبِينًا

“Dan katakanlah kepada hamha-hambaKu: ‘Hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang paling baik. Sesungguhnya setan berusaha merusak hubungan di antara mereka. Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia.” (QS. Al-Isra`[17]: 53)

Itulah yang dilakukan setan. Sehingga seorang muslim berusaha ketika bergaul dengan orang lain untuk menjaga lisannya. Bahkan Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاليَوْمِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْراً أَوْ لِيَصْمُتْ

“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berucap yang baik atau diam.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Lihat juga: Bab Berkata Baik Atau Diam

Ini adalah sesuatu yang terkadang diremehkan oleh seorang muslim ketika berbicara. Kalau bisa berkata perkataan yang indah, yang enak didengar, yang menyejukkan hati, kenapa harus memilih kata-kata yang tidak enak didengar?

Bagaimana kita lihat ucapan ini “Diriku siap menjadi tebusan untuk dirimu”, artinya kalau sampai orang ini ditangkap maka aku siap menggantikan dirimu. Bukankah ini ucatan yang mengandung makna mendalam tentang cinta orang yang mengatakan ucapan itu?

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51506-ucapan-seseorang-jiwaku-untukmu-sebagai-tebusan/